Pengalaman hosting di indonesia

Awal saya mengenal dunia hosting saat saya  bekerja di Binus, waktu  itu saya bekerja menangani data centernya binus secara tidak langsung saya mulai  mengenal cPanel yang menjadi backend managemen hosting , mengenal dunia open source, mengenal DNS Server, Mail Server dll.

Akhirnya saya berfikir ingin membeli space hosting setelah  lama menggunakan blog gratisan, saya bertanya keteman forum dimana kira – kira hosting yang bagus, saya  di kenalkan dijaminmurah.com selanjutnya menganjurkan para client  untuk pindah.

Tempat hosting  selanjutnya ardhosting berawal saya menangani websitenya bapak andriewongso yang sebelumnya berada di ardhosting dan dikarenankan ada kerjasama denga n binus maka webnya di pindahkan ke server binus, tetapi saya tetap mencermati ardhosting sebagai pilihan selanjutnya dan  ternyata satu managemen dengan dijaminmurah.com, lama saya hosting di dua tempat itu hal yang akhirnya saya berpindah kelain hati adalah respon saat saya bertanya lama, saat hari libur proses pembayaran menunggu office hour, respondnya sangat bagus tetapi makin kesini makin lambat menjawab, kemungkinan karena user semakin banyak akhirnya saya memutuskan untuk berpindah kelain hati.

Pencarian saya lanjutkan ke tempat lain saya coba menelusuri masterweb karena ada beberapa client yang hosting di sana, hasil penelusuran saya sangat mengecewakan respond sangat lambat dan live chatt juga tidak tersedia. Selanjutnya saya mencoba idwebhost, idwebhost dalam respon chatt sangat cepat akhirnya semua client saya pindahkan ke idwebhost, sialnya mulai akhirn – akhir ini, tepatnya 14 maret 2015 ini terjadi lagi  server lambat bahkan web saya sendiri tidak bisa di akses saat saya bertanya melalu live chatt jawaban mereka sebagai berikut:

“Syaiful  “Mohon maaf saat ini ada kendala pada koneksi datacenter kami, sehingga menyebabkan beberapa server tidak bisa di di akses dan masih dalam di cek oleh tim teknis kami”.

Ini terjadi tidak hanya sekali saja beberapa client saya sudah complain sebelumnya dan sudah saya pindahkan sisanya menyusul, selain masalah kadang server bermasalah dan tidak cepet terselesaikan masalah lain adalah batasan akses bandwidht dalam sebulan sempat client saya complain karena tidak faham dan saat saya minta tolong ke support di jawab tidak bisa ya mesti menunggu akhir bulan hadew bayangkan apa saya tidak kena komplain abis client, secepatnya saat itu saya pindahkan, hari gini saat bw dah lepas dari kpk eh salah bw mana ini ya maksud saya saat bandwidth selanjutnya saya sebut BW sudah unlimited masih aza menerapkan pembatasan BW.

Mulai saat ini saya mulai melirik hosting diluar negeri saya mencoba hosgator, di awal saya sempat kecewa karena dua hari saya hosting belum up setelah saya konser (minjam bahasa gaul istri yang artinya marah marah dan ngomel) minta refund baru di respond dan langsung up.  Selain hosting diluar saya akhirnya mencoba membuat solusi limited hosting di kantor untuk client saya. Dan Perhari ini prigad.com saya pindahkan .

Untuk client saya yang  mengutamakan  akses internasional saya pindahkan  ke luar negeri dan yang lokal indo akan saya tampung ke hosting yang saya buat melalui desurya.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *